Apa Itu Reksadana?

Reksadana atau mutual fund lahir dari kebutuhan masyarakat umum yang kurang paham seluk beluk pasar saham. Reksadana ini menghimpun dana dari masyarakat, dan kemudian dana tersebut dikelola oleh para manager investasi (fund manager). Dana tersebut dimasukkan ke dalam berbagai instrument investasi, salah satunya pasar saham. Ada banyak macam reksadana: reksadana pasar uang, reksadana pasar saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran. Reksadana yang masuk ke pasar saham adalah reksadana pasar saham dan reksadana campuran.

Sedangakan unit link adalah produk dari perusahaan asuransi, kadang bekerja sama dengan bank, atau sekuritas yang menggabungkan investasi dan asuransi dalam satu produk.

Hasil return reksadana atau unit link pada umumnya mengikuti perkembangan indeks. Indeks naik sekian persen, mereka juga naik sekian persen. Saat indeks jatuh, mereka juga jatuh. Sedangkan kalau anda bertransaksi sendiri, anda masih bias meraih untung saat pasar saham anjlok. Lebih fleksibel.

Kekurangan dari reksadana dan unit link adalah kita tidak tahu uang kita diapain saja oleh fund manager. Dibelikan saham apa, seberapa banyak, dll. Laporan NAB (Nilai Aktiva Bersih) reksadana juga sering tidak fair. Selain itu di reksadana banyak sekali biaya-biaya  dan komisi yang perlu dicermati.

Sisi positif dari produk reksadana adalah anda bisa memulai dengan modal yang lebih rendah disbanding bertransaksi sendiri di pasar saham. Banyak reksadana yang mensyaratkan modal hanya Rp 500 ribu sudah bias membeli reksadana. Sedangkan membeli saham sendiri membutuhkan rata-rata minimal Rp 10 juta.

2 Tanggapan

  1. Apakah Inter-Metrofund masih menerima anggota baru sebagai membersnya.
    Iqbal
    081315433370
    andiiiqbal@yahoo.co.id

    • aduh kalo untuk itu saya kurang tau, sebab saya bukan orang reksadana, tp cuman investor saham sendiri.
      anda tertarik kah untuk ikut mutual fund??
      kalau bagi saya, investasi sendiri lebih bagus dan aman.
      thx commentnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: