Perawatan Cupang

Dalam merawat cupang aduan ada banyak hal yang harus diperhatikan, misalnya: air, pakan, dan tempat.

Air: setiap 2-3 hari sekali, air dalam wadah cupang harus diganti, setelah itu berikan daun ketapang kering secukupnya untuk menetralkan PH dalam air.

Daun ketapang sering disebut sebagai daun sakti yang bisa menyembuhkan penyakit pada ikan cupang. Sebenarnya bukan itu manfaat dari daun ketapang. Daun ketapang hanya berfungsi untuk menetralkan PH saja.

Pakan: Cupang Aduan sebaiknya diberi pakan kutu air dan jentik nyamuk saja. Jangan memberi pakan cupang dengan ikan guppy walaupun berukuran kecil. Karena bisa mengurangi ketajaman pada gigi ikan itu sendiri.

Kegunaan Pakan:

Kutu Air, memiliki kadar lemak tinggi, baik untuk anakan cupang agar bisa cepat besar.

Jentik Nyamuk, Untuk memperkokoh sisik dan menguatkan tubuh cupang.

Cacing Darah, baik diberikan sebelum berlaga, cukup berikan sedikit saja sebagai tenaga untuk bertanding.

Tempat: Bila kita ingin memelihara cupang dalam jangka waktu yang cukup panjang, letakkan cupang dalam wadah yang besar, seperti kolam atau bak. karena bisa mengurangi resiko ikan menjadi stress. selain itu lokasi yang baik adalah di luar rumah dan terkena sinar matahari secukupnya.

8 Tanggapan

  1. bos,gmn caranya agar giginya tajam n sisiknya keras….!

    • faktor keturunan paling penting .
      yang kedua perawatan dan pakan sejak ikan msh kecil hingga dewasa sebaiknya beri pakan kutu air saja.
      dan tentunya ada ramuan jg utk itu semua .

  2. biasa pake pakan apa bos.kug disini ikanmu gmpg hancur

  3. bang ,gimana caranya melatih cupang biar pukulan cupang fokus ke muka ataupun keperut ?????

    • kalau itu gak ada latihan khususnya boz, itu murni dari indukannya, klo indukan pukul pangkal rata” anakannya pukul pangkal dan lain sebagainya .

      • bang, cupang saya dulu jago ngadunya tapi dia kalah sekali
        gara” kalah sekali,n’badanya rontok,dia aku simpen di bak bekas, tempatnya si luas n banyak kutu air nya!
        setelah saya simpen kurang lebih 1 bulan
        dia jadi penakut n gak mau ngadu lagi
        gimana ya caranya biar dia berani?
        kalo di pale biar apa n brapa lama

      • ikan cupang tuh dimana” sekali pake udah.
        klo dipake lagi, ya kebanyakan kalah kalau dibawa ke arena .
        di pale agar pukulan balingnya lebih mantap, 3hari.
        https://pinkyrexa.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: