Cupang Adalah …

Cupang adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Habitatnya adalah di sungai dan di rawa”. ikan ini selalu memperebutkan wilayah kekuasaan. ikan ini tersebar di kawasan asia tenggara,seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Singapore. cupang terbagi atas 3 macam: Cupang Aduan, Cupang Hias, dan Cupang alam(betta nature).

Cupang aduan berkembang biak dengan cara membuat sarang busa (bubble nest). tetapi tidak semua cupang berkembang biak dengan cara membuat bubble nest, ada juga cupang yang berkembang biak dengan cara mengerami telurnya.

Cupang aduan dilihat kestimewaannya dengan cara diadu. cara lain dengan cara mendekatkan kedua ekor cupang dengan cara mendekatkan kedua toples yang berisi cupang dan memberi jarak 5cm. aga ketika kita membuka sekat antara kedua toples si cupang tidak memukul dinding toples. karena akan menyebabkan berkurangnya ketejaman gigi cupang.

Sebelum diadu, cupang juga memerlukan perawatan khusus. Pertama kita harus menyiapkan si cupang dengan cara membuka sekat 3 kali sehari atau lebih. Kedua kita harus Memberi pakan yang cukup(tidak perlu terlalu banyak). pakan yang baik adalah jentik-jentik nyamuk dan kutu air, disarankan jentik nyamuk. ketiga ketika sehari sebelum pertarungan, cupang aduan harus diberi pakan. cukup 5 ekor jentik nyamuk saja. setelah itu istirahatkan dengan cara memberi air sedikit saja di botol. setelah itu tutup dengan kertas dan letakkan di tempat gelap agar ikan bisa istirahat dan tidur sebelum menjalani pertarungan pada keesokan harinya.

8 Tanggapan

  1. gmn cara ngebedain ikan cupang pinggiran?

    • Klo membedakan secara fisik itu sulit bang, hanya org yg udah sering maen ikan d arena.

      Tp biasanya klo mau tau ikan bagus atau nggaknya harus diadu dulu.
      klo bisa menang telak dan mulus itu baru disebut ikan bagus.

  2. bang, saya mau tanya kalo cupangnya dikasih bloodworm/ cacing darah boleh ga……? soalnya cuk-nya jarang ada

    • bloodworm kurang bagus utk diberikan dalam jangka panjang.. cukup beberapa kali saja, karena banyak lemak..
      pakan yang bagus kutu air dan jentik nyamuk..🙂

      • Boss temen gw ada ambil thailand di u atau di kakak u..gw kurang tw..
        tpi dy blg situsna di pinky zone…kyqna u…temen gw namanya aliet wijaya..di kota jayapura..
        klo gw ferdy..
        boss Thailand u bgus…kmrin gw menang 1 juta…
        gw mw pesan neh…BOLEH?????
        gw mw pesan 5 ekor thailand super

      • @ferdy: boleh bang, transfer dulu baru saya kirimkan ikannya.

  3. Ring mulutnya mantep bgt bro!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: